Harga Gabah Murah Petani Merasa Resah

Tumpukan gabah petani yang akan dijual kepada tengkulak gabah walaupun harganya saat ini sedang turun harganya

BABALAN- Di Desa Babalan saat ini masih dalam masa panen padi untuk masa tanam pertama di tahun 2021. Harga gabah saat ini berkisar antara Rp. 3.900,- sampai Rp. 3.500,- per kilogram gabah basah. Karena sebulan yang lalu harga gabah masih berkisar Rp. 4.600,- Rp. 4300,- perkilogram gabah basah .

Petani yang sedang mengikat dan mendirikan tanaman padi yang roboh karena hujan dan angin

Disamping harga gabah yang terus turun harganya yang membuat petani resah adalah tanam padi yang roboh karena hujan angin yang terjadi pada minggu ini sehingga petani harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengikat tanaman padi . Jika tanaman padi tidak diikat dibuat berdiri bila dipanen dengan mesin bayak tanaman padi yang terlewat tidak bisa dipotong dengan mesin tersebut. Rata-rata petani harus mengeluarkan uang untuk biaya tersebut antara Rp. 300.000,- sampai Rp. 1000.000,- tergantung banyak sedikitnya tanaman padi yang roboh.

Biasanya sehabis panen petani bisa menanami lahanya dengan tanaman palawija berupa kacang hijau tapi pada musim ini tidak bisa karena lahannya masing tergenang oleh air hujan . Petani hanya bisa berserah diri kepada Allah sang pencipta alam semesta dengan keadaan ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan