Bintek EPDESKEL Di Aula Kecamatan Gabus

BABALAN- Bertempat di Aula Kecamatan Gabus Selasa ( 19/1/2021) diadakan Bintek input data Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan (EPDESKEL) yang diselenggarakan Dispermades Kabupaten Pati.Peserta Bintek adalah Operator SID dari masing- masing desa di Kecamatan Gabus sebanyak 24 orang.

Bintek input data di EPDESKEL bagi operator SID desa seluruh Kecamatan Gabus ( 19/01/2021)

Input EPDESKEL ini untuk mengetahui tingkat pekembangan Desa dan Kelurahan yang ada di Indonesia. Tingkat perkembangan Desa ada 3 (tiga ):

1. Kategori Desa Mandiri
Desa Mandiri atau bisa juga disebut sebagai Desa Sembada Yaitu Desa Maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

2. Kategori Desa Maju
Desa Maju atau bisa juga disebut sebagai Desa Pra Sembada adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

3. Kategori Desa Berkembang
Desa Berkembang atau bisa juga disebut dengan Desa Madya adalah Desa potensial menjadi Desa Maju, yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum mengelolanya secara optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan.

4. Kategori Desa Tertinggal
Desa Tertinggal atau bisa juga disebut dengan Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

Dengan mengetahui perkembangan Desa masing-masing Pemerintah Desa dapat meningkatkan tingkat perkembangan desa masing-masing.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan