Aksi Pemuda sebagai Pionir Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS

 

 

 

Karang Taruna Bhakti Utama menyelenggarakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di gedung serbaguna Desa Babalan pada rabu, 2 Desember 2020 pukul 19.30 WIB. Sosialisasi tersebut diikuti oleh lima remaja dan seorang narasumber yang berasal dari anggota karang taruna.

Dalam situasi pandemi seperti ini dan mengingat tingginya kasus ODHA di Kabupaten Pati, pemuda Desa Babalan tak lantas kehilangan ide untuk mengadakan sosialisasi HIV/AIDS. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak, sosialisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Mengingat betapa strategisnya peran pemuda dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di lingkup desa, mereka berusaha semaksimal mungkin memberikan edukasi kepada remaja tentang seluk beluk HIV/AIDS.

Poster adalah media yang digunakan untuk sosialisasi kali ini. Selain mempermudah penyampaian materi, melalui media poster juga dimaksudkan untuk dapat melatih jiwa kreatif dan inovatif pemuda Desa Babalan. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi adalah tentang apa itu HIV/AIDS, bagaimana cara penularannya, bagaimana cara pencegahannya, bagaimana harus bersikap apabila menjumpai ODHA.

Diketahui sebelumnya, Desa Babalan juga sering melaksanakan sosialisasi HIV/AIDS dengan mengundang narasumber yang memang ahli di bidangnya.Pemerintah desa dan kalangan pemuda menyadari betapa pentingnya pemahaman masyarakat tentang HIV/AIDS. Sehingga harapan untuk memutus rantai penularan HIV/AIDS dapat terwujud melalui sosialisasi seperti ini.

Karena peserta yang ikut dalam sosialisasi jumlahnya sangat dibatasi, jadi selain penyuluhan secara lisan, pemuda Desa Babalan juga melakukan penyebaran informasi tentang HIV/AIDS melalui poster yang ditempel di tempat-tempat umum. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang tidak mengikuti penyuluhan secara tatap muka, tetap dapat mengetahui informasi mengenai HIV/AIDS melalui media poster tersebut.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan