Infografis APBDes Babalan Tahun 2020

BABALAN-Asas Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 2 ayat 1 Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa menyebutkan bahwa keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Hal ini menunjukkan bahwa keuangan desa harus dikelola secara terbuka, dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan peraturan yang ada.

Penerapan asas-asas tersebut digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam proses pengelolaan keuangan desa. Penyelenggaraan pemerintahan desa (pemdes) yang baik (good governance) terkait pengelolaan Keuangan Desa, memerlukan sistem akuntabilitas dan transparansi, sehingga masyarakat dapat mengetahui secara jelas mengenai perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, penatausahaan, dan pelaporannya.

Transparansi dan akuntabilitas anggaran desa merupakan kewajiban nyata untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang lebih baik. Wujud transfaransi Pemerintah Desa Babalan mensosialisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2020 melalui media infografis yang dipasang di lokasi pasar desa yang masyrakat umum bisa melihat dan di Balai Desa.

Infografis disebarkan melalui website desa dan termasuk peraturan APBDesa Babalan tahun 2019. Tidak berbeda jauh dengan banner yang dipasang di Kantor Desa Babalan.(jim)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan