MINUM OBAT MASAL PENCEGAHAN PENYAKIT KAKI GAJAH

BABALAN- Bulan Oktober 2019 ini merupakan tahun ke lima pemberian obat untuk mengatasi penyakit Kaki Gajah yang dilaksanakan oleh Pemerintah.Diharapkan setelah tahun kelima pemberian obat tersebut masyarakat terbebas dari Penyakit Kaki Gajah yang ditularkan melalui gigitan Nyamuk yang mengandung Virus cacing filaria.

Selanjutnya, nyamuk yang telah terinfeksi ini akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain. Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah bening.

Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak. Cacing dewasa sendiri bisa hidup hingga 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening manusia. Mereka akan menyebarkan jutaan cacing ke dalam pembuluh darah sehingga ketika digigit, nyamuk bisa menularkannya kepada orang lain.

Seperti Apa Gejala-gejala Penyakit Kaki Gajah?

Faktanya, seseorang yang terinfeksi cacing ini  tidak bisa langsung dipastikan karena penyakit ini memiliki beberapa fase, yaitu tanpa gejala, akut, dan kronis.

  • Fase tanpa gejala

Saat seseorang terinfeksi cacing filaria, dia tidak akan langsung menunjukkan gejala tertentu. Meski demikian, pada fase ini sebenarnya telah terjadi kerusakan sistem aliran getah bening dan limpa, seiring terjadinya perubahan pada sistem kekebalan tubuh.

  • Fase akut

Ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, kelenjar getah bening, dan pembuluh getah bening, yang biasanya menyertai pembengkakan kelenjar getah bening yang sudah kronis, dan kaki gajah. Hal ini disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh terhadap parasit. Gejala-gejala yang dapat muncul pada fase akut ini meliputi demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan pembengkakan pada tungkai kaki dan kantung zakar.

  • Fase kronis

Saat memasuki fase kronis, pembengkakan jaringan limfa dan penebalan kulit pada kaki dan zakar bisa terjadi. Pada wanita, dapat terjadi pembengkakan pada payudara dan organ kelamin.

untuk menyukseskan gerakan tersebut maka pemerintah Desa Babalan melalui Kader kesehatan Desa mengajak warganya untuk meminum obat tersebut secara masal melalui pertemuan dimasing- masing RT .Ada 10 RT di 2 RW sudah melaksanakan kegiatan tersebut ,dengan meminum secara bersama-sama maka partisipasi warga akan banyak dibanding bila disuruh meminum secara sendiri.Sebelumnya Bidan Desa memberi pengarahan tentan pentingnya meminum obat ini dan akibat yang ditimbulkan oleh caing filaria melalui gigitan nyamuk.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan