POKTAN Kampung KB

Penyampaian makalah oleh nara sumber pada kegiatan Kelompok Kegiatan Kampung KB

babalan-gabus.desa.id. Bertempat di aula Balai Desa Babalan diselenggarakan Kelompok Kegiatan Kampung KB. Kegiatan yang diikuti kader PKK dan tokoh masyarakat dimulai pukul 08.30 WIB. Acara dimulai dengan berdoa dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars KB.

 

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Nara sumber dari Ibu Kepala Desa Babalan, menyampaikan tentang Pentingnya 1000 hari pertama Kehidupan anak.Apakah Anda pernah mendengar gerakan scaling up nutritionScaling up nutrition adalah suatu gerakan yang dilakukan oleh 57 negara di dunia dengan tujuan menghilangkan berbagai jenis malnutrisi, berdasarkan pada prinsip bahwa semua orang layak mendapatkan makanan yang baik dan gizi yang baik pula. Gerakan ini merupakan gerakan gabungan dari pemerintah, lembaga masyarakat, United Nations, pengusaha, ilmuwan, dan berbagai lapisan masyarakat.

Fokus dari gerakan scaling up nutrition adalah pemenuhan kebutuhan pada 1000 hari pertama kehidupan dalam rangka mengurangi angka malnutrisi. Saat ini, satu dari tiga orang anak mengalami malnutrisi. Dampak malnutrisi yang terjadi pada anak tidak hanya akan berlangsung selama masa kanak-kanak saja tetapi akan terus berimbas hingga dewasa. Salah satu dampak malnutrisi yang akan terus dibawa oleh anak sampai anak menjadi dewasa adalah stunting atau pendek. Stunting terjadi ketika anak lebih pendek dari rata-rata tinggi anak seusianya. Tidak hanya berdampak pada fisik, anak yang stunting biasanya juga dikaitkan dengan kecerdasan yang juga lebih rendah jika dibandingkan dengan teman-temannya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan