Antusias Warga Desa Babalan dalam PKT

Warga Desa Babalan berkumpul di Sawah bLok Gangmalang sejak pukul 5.30 W.I.B. untuk mengikuti Padat Karya Tunai (PKT ) yang pagi ini Sabtu, 8 Desember 2018 dilaksanakan.Ada sebanyak 55 warga akan bekerja menata saluran air yang selama ini membuat aliran air tidak lancar. Saluran air ini untuk mengaliri sawah yang airnya berasal dari bendung Koripan. Tidak hanya laki-laki saja yang mengikuti PKT tapi ada ibu- ibu yang ikut juga dalam kegiatan tersebut. Dengan pengerjaan saluaran air tersebut diharapkan aliran air  dari bendung Koripan  sampai ke sawah warga .

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam pelaksanaan padat karya Tunai ini adalah:

Warga memperdalam saluran air dengan menggunakan pacul

1. Program pembangunan desa melalui padat karya tunai dilaksanakan agar dapat memberikan pekerjaan sementara dan tambahan upah/pendapatan kepada masyarakat miskin desa.
2. Pelaksanan padat karya tunai di desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat; mengurangi angka gizi buruk; mengurangi kemiskinan; menggerakkan ekonomi desa; serta mengembangkan kawasan perdesaan.
3. Keberhasilan pelaksanan padat karya tunai di Desa sangat bergantung pada dukungan, kerjasama dan kemitraan antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota; serta  pelaksanaan teknis oleh Pemerintah Desa dan masyarakat desa.
Pelaksanan padat karya tunai di Desa perlu mempertahankan nilai gotong royong dan partisipasi dari masyarakat Desa sehingga pembangunan yang dihasilkan dapat terpelihara dengan baik oleh Desa dan berkelanjutan.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan